Review Buku Bisnis Narketing : Trik Penasaran yang Bikin Pemasaran

Category : Review
Review Buku Bisnis Narketing : Trik Penasaran yang Bikin Pemasaranby cafebukuon.Review Buku Bisnis Narketing : Trik Penasaran yang Bikin PemasaranPemasaran adalah penasaran. Semakin tinggi rasa penasaran, bisa meningkatkan proses pemasaran dan ujung-ujungnya meningkatkan penjualan atau sales sebuah produk. ” Termasuk kalo ada rambu tulisan ‘jangan tengok kiri‘ itu ya paman ? “ ” Haha, yes, bisa jadi … pakai tulisan itu, kebanyakan malah jadi menengok ke kiri kan ? itu salah satu kekuatan dari […]

Pemasaran adalah penasaran.
Semakin tinggi rasa penasaran, bisa meningkatkan proses pemasaran dan ujung-ujungnya meningkatkan penjualan atau sales sebuah produk.

” Termasuk kalo ada rambu tulisan ‘jangan tengok kiri‘ itu ya paman ? “

” Haha, yes, bisa jadi … pakai tulisan itu, kebanyakan malah jadi menengok ke kiri kan ?
itu salah satu kekuatan dari rasa penasaran :)”

Dengan kata lain, jika kita mampu membuat orang lain penasaran, maka dapat meningkatkan prospek dan selanjutnya orang tersebut dapat membeli produk yang kita jual.

Ibarat mendapatkan durian runtuh, sudah banyak bukti keberhasilan penerapan konsep penasaran, diantaranya diterapkan oleh Burger Batok, Soto Gebrak, Es Pocong dan produk-produk atau merek unik lainnya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Agung KN, dalam bukunya “Narketing : Strategi Ajaib Usaha Sukses “ yang telah diterbitkan sejak tahun 2010 lalu.

Ide Dasar Dalam Buku Narketing

tips.belajar.bisnis.pemasaran.narketing.penasaran.marketing.terbaruNarketing merupakan buku yang memancing pembacanya untuk bertindak lebih kreatif dan dapat membantu usaha kita melesat dalam waktu singkat.

Tips bisnis dalam buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata usaha Burger Batok yang telah berhasil menerapkannya dan dibahas tahap demi tahap secara detail dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Kunci Penerapan Strategi Narketing

Penulis buku Narketing meyakini bahwa “penasaran” adalah mantera ajaib. Bahkan bapak Kafi Kurnia “Si Biang Penasaran” mengatakan bahwa penasaran adalah vitamin yang membuat kita lebih jeli dan tajam dalam mengolah peluang.

Jadi, kunci sukses dalam penerapan strategi ini adalah : 

” Jangan pernah takut untuk tampil penasaran “

Tahap Penerapan Formula Narketing

Dalam buku Narketing kita dapat belajar bisnis dimana secara detail dijelaskan mengenai tahap-tahap penerapan strategi narketing untuk memancing orang penasaran. Tahapan yang diperlukan untuk mempraktekkan strategi narketing secara garis besarnya yaitu :

  1. Kenali bagaimana rencana bisnis Anda.
  2. Fokus pada keinginan bisnis Anda.
  3. Biarkan ide liar merasuk. Lakukan brainstorming untuk mendapatkan ide-ide “gila”.
  4. Pilih ide liar yang paling orisinal untuk diterapkan pada bisnis Anda.

Selain 4 tahap penerapan strategi narketing di atas, dalam buku ini juga dibahas mengenai instrumen lain yang dapat membantu proses penerapan narketing, antara lain :

  • Buat identitas melekat pada produk. Hal ini akan terkait dengan merek produk Anda.
  • Buat produk berkualitas, sehingga Anda sendiri akan percaya diri untuk mempromosikannya.
  • Berikan pelayanan yang baik. Ingatlah, bahwa pelayanan yang baik dapat membuat pelanggan Anda tertarik menceritakannya kepada orang lain secara sukarela.
  • Memperluas jaringan.

Dalam buku ini dijelaskan pula secara detail bagaimana contoh penerapan narketing dalam beberapa usaha. Salah satu contoh penerapan strategi nini bisa ditemukan di warung Soto Gebrak.

Sobat bisa membaca contoh penerapan tersebut di artikel selanjutnya Soto Gebrak! Senyum Boleh Marah Jangan …

Dalam buku sendiri dibahas secara lebih detil mengenai penerapan narketing di usaha Burger Batok yang merupakan sala satu jenis usaha yang dirintis oleh Agung KN selaku penulis.

Faktor Pemicu Kegagalan Narketing

Bukan hanya tahap penerapan formula narketing yang harus kita perhatikan, melainkan juga faktor-faktor apa saja yang bisa memicu kegagalan dalam marketing, yaitu :

  1. Tidak memperkenalkan usaha Anda.
    Ini tentu akan membuat bisnis Anda sia-sia. Bisnis dapat diibaratkan seorang gadis cantik baik hati sedang mencari pasangan namun berdiri dalam kegelapan. Promosi dapat dikatakan seperti lampu yang menerangi gadis cantik itu agar dilihat oleh pria yang mencari pasangan hati. Karena gelap, para pria yang lewat di jalan itu tidak melihat bahwa ada seorang gadis cantik mencari pasangan.

2. Faktor lain yang dapat memicu kegagalan proses narketing adalah ketika kita tidak melakukan pengembangan atas bisnis yang kita jalankan. Adakalanya kita harus melakukan perubahan penampilan dalam bisnis supaya produk kita makin dikenal luas.

Beberapa perubahan yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan tanpa mengubah produk adalah :

  • Mengganti desain kemasan secara periodik
  • Mengubah lay out lokasi kedai minimal 1 tahun 1 x
  • Tambah ornament atau aksesoris hiasan di kedai Anda
  • Tambah produk pendukung, minimal 1 produk sekurang-kurangnya 3 bulan 1x.

Secara garis besar, proses narketing adalah proses kreatif untuk membuat calon pembeli penasaran. Tips-tips nya secara lebih lengkap dibaca di buku Narketing : Strategi Ajaib Usaha Sukses.

Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi bisnis bagi apapun usaha yang sedang sobat jalankan saat ini.

 

Artikel ini ditulis ulang oleh :
Paman Pin (blogger & internet marketer)
berdasarkan sumber-sumber :

Buku Narketing : Strategi Ajaib Usaha Sukses (Agung KN, terbitan 2010).

Author: 

Leave a Reply